jump to navigation

amonia dalam perairan kolam budidaya November 5, 2010

Posted by sin9gih in Mikrobiologi.
trackback

Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia). Walaupun amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di suatu perairan, amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan perairan.

Bagaimana Amonia Berkembang dalam kolam budidaya?

Amonia biasanya berasal dari sisa metabolisme dikeluarkan oleh koi, ikan mas dan ikan kolam lainnya. Tidak mungkin untuk sepenuhnya menghapus amonia di dalam air karena siklus dimana ikan feed dan mengeluarkannya limbah.

Amonia dihasilkan dari protein yang mengandung rantai asam amino, asam amino mengandung nitrogen – senyawa kimia berbahaya bagi ikan. Amonia dikatakan untuk hadir dalam makanan ikan dan limbah ikan.

kolam Alam dan danau kecil kemungkinannya untuk memiliki masalah amoniak karena volume tinggi air yang mengalir melalui. Tingkat amonia di tambak alami secara praktis nol. Namun, masalah amonia lebih sering terjadi di kolam taman buatan manusia dengan ikan terlalu banyak dan lingkungan alami.

pemberian pakan yang berlebiahan  pada ikan dan filtrasi biologis yang tidak memadai dapat memperburuk masalah amoniak dalam tambak. Ada dua jenis di kolam: amonia, yang berbahaya dan amonium, yang kurang beracun. Amonium biasanya mengkonversi menjadi amonia dan ion hidrogen dan sebaliknya. Ketika ini terjadi, pH air kolam dan perubahan suhu keseimbangan kolam.

konsentrasi Amoniak dalam kondisi pH yang stabil masih bisa melampiaskan malapetaka di kolam Anda, terutama jika suhu air tinggi. Taman kolam dengan tingkat pH 9, terutama mereka dengan volume besar kolam ganggang hijau menyebabkan, alkalinitas kekurangan. Akumulasi ganggang di kolam juga memicu fluktuasi tingkat pH kolam. Ini adalah tempat sterilisasi UV mengambil di untuk memerangi tingkat amonia berlebih dari kolam Anda.

Bagaimana cara mengontrol amonia dalm kolam budidaya?

Beberapa penelitian mengklaim bahwa 3% sampai 4% dari makanan ikan koi diekskresikan dalam air kolam keluar sebagai amonia. Salah satu solusi terbaik untuk mengelola masalah amoniak dalam kolam taman Anda adalah dengan menggunakan kolam filter biologis, dengan mempertimbangkan ukuran dan beban kolam ikan. Filter kolam harus kokoh dan cukup besar untuk menampung volume ikan sekali mereka tumbuh dan menjadi lebih besar.

Para Nitrosomonas dan bakteri menguntungkan Nitrorobacter bertanggung jawab atas kerusakan amonia menjadi nitrat umumnya dikenal sebagai proses nitrifikasi. Kolam filter biologis meniru aktivitas nitrifikasi, sehingga mengurangi tingkat amonia. Untuk membuat siklus nitrifikasi sukses, harus ada cukup oksigen dalam kolam. Biasanya kolam taman tidak mengandung oksigen melimpah itulah sebabnya dianjurkan untuk menggunakan air terjun cascading atau pompa kolam di taman Anda kolam untuk aerasi maksimal.

Berikut adalah dua persamaan tentang bagaimana dan Nitrobacter bakteri Nitrosomonas mengubah amoniak menjadi nitrit dan nitrat.

Bakteri Nitrosomonas: 55NH4 + + 76O2 + 109HCO3-= C5H7O2N + 54NO2-+ 57H2O + 104H2CO3
Nitrobacter bakteri: 400NO2-+ NH4 + + 4H2CO3 + HCO3-+ 195O2 = C5H7O2N + 3H2O + 400NO3-

Cara lain untuk mengatasi masalah amonia membatasi makanan yang diberikan kepada ikan. Seperti apa yang telah dikatakan berulang kali, makanan ikan merupakan sumber utama amoniak, sehingga mengurangi kuantitas makanan ikan akhirnya dapat membantu mengatur tingkat amonia di kolam. Bisa juag dengan cara pembuatan teknik aerasi dasaran dimana airdasar kolam dapat terkuras.

Comments»

1. sin9gih - December 1, 2010

mOnggo diComen untuk perbaikan . . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: